Space Tersedia (Cantact Me)

3 Menu masakan Khas Ramadhan Terbaik sepanjang masa.

Halo kawan apa kabar. Mengingat sekarang bulan ramadhan. dan alhamdulillah aku masih di beri kesehatan hingga bisa bertemu kembali dengan bulan yang suci ini. Kalo biasanya aku nulis pake bahasa dan kata yang lumayan metal, kali ini mungkin enggak. kata "gue" or "loe" nya mungkin aku simpen dulu. karna dalam cerita aku ini ada beberapa cerita yang memang sebuah kenangan dengan orang yang aku cintai dan memang sepatutnya aku hormati. gak pantas sepertinya bila ada kata metal or cablak terlontar di cerita ini. tapi kalo seandainya keceplosan mohon untuk di maafkan ya kawan.

Apa sih yang berbeda di setiap bulan ramadhan, tentunya setiap tahunya bakalan ada sebuah kenangan indah untuk di ingat. selalu berbeda dan unik. dan aku mengambil tema "Menu makanan khas ramadhan" yang emang benar-benar unik dan gak bakal pernah aku lupa sepanjang masa. jadi intinya makanan dan makanan yang bakalan aku ceritain dalam cerita kali ini. dan beberapa di antaranya, inilah Menu makanan yang slalu aku kenang dan juga bikin aku kangen. oke Cekidot :

*Belut bakar seadanya
Siapa sih yang gak tau Belut. makanan jenis hewani yang memiliki kandungan lemak cukup tinggi ini banyak terdapat hidup di sawah atau di sungai. kalo kebanyak ibu-ibu jaman sekarang mengatakan kalo belut itu banyak terdapat di pasar, atau di supermarket yang sudah berupa muminya saja, itu memang benar. tapi gak bakal kena rasa kenikmatanya kalo belut ini gak kita ambil langsung dari habitatnya, dalam hal ini aku mendapatkanya di sawah dan bukan di pasar. beberapa tahun belakangan setiap liburan bulan ramadhan, aku biasanya berlibur ke rumah almarhum kakek (dari ibu) di daerah subang jawa barat. Kota yang masih banyak terdapat sawah yang membentang luas dan hijau. ada istilah "NGUREK" (dalam bahasa sunda yang artinya mencari belut). masih aku ingat, sambil menununggu berbuka puasa, atau istilahnya ngabuburit, sekitar jam 2.30 siang aku dan beberapa keponakan pergi ke sawah untuk mencari belut. hanya berbekal sebuah kail pancing dengan tali yang lumayan sedikit besar dari tali pancing untuk ikan. umpan yang dapat kami dapat di sana pula, bisa menggunkan ikan kecil.Senang rasanya bila kail yang aku masukan ke dalam lubang tanah lalu perlahan di tarik kedalam oleh si belut. perlu tenagan yang cukup kuat untuk menariknya. walaupun hingga sore hari kami biasnaya hanya mendapatkan 6 ekor belut, tapi itulah taste nya. bangga dengan tangkapan sendiri. kami bawa pulang hasil tangkapan kami, mencucinya dan lalu memasukanya ke dalam tungku api tanpa menggunakan bumbu dan lainya. Belut bakar ini sangat nikmat rasanya di sajikan untuk menu buka puasa dengan nasi hangat dan sambal terasi. rasanya yang aku bilang renyah dan gurih saat di kunyah, uhh bukan main nikmatnya. Sebetulnya bukan karna belut yg aku makanlah yang bikin nikmat, tapi karna belut itu hasil tangkapan sendiri. rasanya sangat berbeda, unik dan gak bisa di lupakan. tapi kalo kamu pikir ini jorok, justru di situlah nilai kandungan nutrisi terbesarnya. Gak percaya !! coba cek aja sendiri ya.
Belut bakar dengan sambal terasi

*Sayur Tutut buatan Nenek Tercinta (sayur siput/koeng sawah)
Kawan-kawan suka nonton spongebob squerpants !! tau kan si gerry sifut peliharaan si spongebob. nah mungkin ini adalah sayur gerry. Dulu aku sangat senang berkunjung ke rumah almarhumah nenek (dari papah). rumahnya masih di kota bandung, tidak begitu jauh dari rumahku dulu. Menu buka puasa yang udah aku pesan terlebih dahulu sebelum pergi berkunjung adalah sayur tutut buatan nenek aku sendiri. karna buatku sayur tutut buatan almarhum nenek akulah yang paling enak, dan gak ada yang bisa gantiin itu sampai sekarang. bumbu yang sederhana, namun entah apa yang bisa bikin sayur tutut itu terasa sangat istimewa dan takan terlupakan. Saat buka puasa tiba, memang perlu kerja keras untuk menyantap makanan yang satu ini. bisa di hisap atau di congkel menggunakan penusuk kecil. tapi dalam seni makan tutup, di hisaplah yang paling nikmat. coba aja ntar rasain sendiri sama kawan-kawan. padahal yang namanya sifut pada dasarnya sama aja, binatang yang tinggal di air ini bisa di jumpai di pinggiran sungai atau di sawah. tapi untuk menciptakan rasa yang bikin kangen itulah yang gak bisa tergantikan dari almarhum neneku. "Miss you eyang..miss you, sayur tutut buatan eyang"

Sayur tutut

*Sup Kikil Kaki embe buatan mama.
Kalo kamu pikir jengkol itu bau, daging kambing/embe itu bau. itu sangat wajar, karna memang benar adanya kalo keduanya punya bau yang berbeda. tapi bagi sebagian orang dan termasuk aku, justru di situlah nilai tambahnya. bau yang khas dan berbeda itulah yang bikin enaknya. tapi maaf kalo jengkol aku juga gak suka, karna racun dari jengkol itu sangat buruk untuk ginjal.
sewaktu liburan ramadhan ketika aku masih duduk di bangku Sltp beberapa tahun lalu, disitulah awal mulanya aku jadi doyan danging embe atau kambing. menjelang buka puasa, aku dan mama masih terjebak di jalan karna ujan yang sangat deras sewaktu akan berkunjung ke rumah almarhum kakek. sesampainya ke rumah almarhum kakek dengan keadaan basah kuyup aku lalu bergegas mengganti pakaian, lalu setelah ganti pakaian aku duduk-duduk di depan tungku api, sedangkan mama memasak di dapur bersama tante dan nenek. mama ku sangat pandai memasak, tanpa menunggu lama, karna waktu buka puasa hampir tiba mamapun memasak dengan cepat dan seadanya. dan taraaa, adjan berkumandang dan disajikanlah masakan dadakan seadanya. aku melihat ada sup dengan bau yang khas. dan ternyata itu adalah sup kikil kaki embe yang di masak menjadi sup dengan bumbu yang seadanya. dalam keadaan badan yang masih menggigil karna keujanan tadi di santaplah sup itu dengan sepiring nasi hangat. bukan main rasanya. sangat enak. kuah yang menjadi kental dengan sendirinya oleh kikil tersebut bikin sup itu terasa enak di mulut. dari waktu itulah aku jadi ketagihan daging kambing/embe, sekarang sesekali bila aku pulang ke rumah mama, aku suka meminta mama membuatkanku sup yang serupa. sup yang 8 tahun lalu aku santap bersama keluarga besar dan almarhum kakek tercinta dengan badan yang menggigil yang sesekali kakek tertawa karna aku terlihat bodoh saat itu. masih aku ingat dan gak akan aku lupa. dan kadang aku sangat rindu akan waktu itu. aku dan embe.
Sup Kikil Kaki Embe
Dari ketiga masakan yang udah aku ceritain barusan, ketiga makanan itu tetap paling the best versi Dunia si Andra. dalam setiap kandungan masakan tersebut terdapat rasa sayang yang sangat besar hingga takan bisa terlupakan dan tergantikan. Terima kasih yang sangat besar untuk almarhum kakek, almarhumah nenek, bukan karna masakan itu, tapi karna kalian lah aku bisa slalu ingat dan rindu kalian yang kini tenang disana. dan untuk mama ku tercinta yang mungkin sekarang lagi masakin sahur untuk papah, miss you mom, aku belom bisa pulang kerumah. aku bakal slalu rindu sup kikil mama. kalo aku pulang nanti ingat pesenanku ya plus udang goreng asam manisnya.

Dan buat kawan-kawan semua, makasih udah nyimak. kalo pengen nyicipin ke 3 menu itu kalian bisa sesekali berkunjung. kalo sekarang bisa mungkin buka bersama atau sahur bareng.

Akhir kata, thanks all.
About the Author : . Jangan tanya kenapa anak labil ini bisa menulis. Andra sangat menyukai Semua hal di bidang Informatika. Sesekali menulis Tentang Keseharian dan wawasan yang banyak di jumapainya.

6 comments:

  1. baru tw kalau andra suka mkn mummy, hehe..bcnda :)
    ahh andra, puasa gni ngomongin mknn euy, jd ngileeeeeeeerrr...
    mmm,,,,trnyata sayur tutut itu kyk kerang yaaa (eh, apa emg iya?)...
    hehe...sukses!

    ReplyDelete
  2. opor ayam sama ketupat ga termasuk nih sob ??

    ReplyDelete
  3. aaaaa... sepertinya salah buka postingan kamu yang ini jam sekarang :(
    ngeceesssss.... :))

    btw button follow blog kamu aku gak nemu ? :(

    ReplyDelete
  4. makasih ya kawan untuk komentarnya :-)

    ReplyDelete