Space Tersedia (Cantact Me)

Menimba ilmu dengan bersosialisasi

Ilmu biasanya dikaitkan dengan pembelajaran. lalu pembelajaran itu sendiri biasa dikaitkan dengan sekolah. namun apakah kitu harus sekolah untuk mendapatkan ilmu...?? jawaban menurut saya sih emang iya harus. dengan bersekolah kita bisa belajar untuk mendapatkan ilmu dengan lebih intensif... trus apa hanya dengan bersekolah saja orang bisa mendapatkan ilmu. kalo yang ini menurut aku sih engga. banyak cara untuk mendapatkan ilmu. banyak sekali lah, bingung juga kalo mesti di sebutin satu - satu...

Dari banyak hal tersebut, aku bakal sedikit sharing mengenai bagaimana cara mendapatkan ilmu selain dari bersekolah secara intensif. bisa dengan kursus, bisa les. namun bukan itu yang aku maksud. "Bersosialisasi"... sangat santai kan.. inilah beberapa hal terpavorit versi si andra yang bisa dikatakan sebagai sumber ilmu.

Sedikit sharing tentang pengalaman mendapatkan ilmu dengan bersosialisasi :

Aku mempunyai latar belakang pendidikan yang bertolak belakang dengan hoby dan pekerjaanku sekarang. kalo kamu pernah baca cerita ku sebelomnya "ANDRA KEMBALI UNTUK LEBIH FOKUS"..disitu aku ceritain tentang sedikitnya latar belakang orang gila yang sekarang tulisanya sedang kamu baca... keahlian gak selamanya bisa kamu dapat dengan bersekolah. ada cara lain untuk mendapatkanya.

Dalam keseharian di dunia internet hal - hal yang sering aku lakukan adalah ngacak - ngacak keyword di om "Google". aku bisa nyari apa aja yang aku ingin tau yang sebelumnya belom aku tau. nyari ilmu yang bersifat umum, hoby, gambar, inspirasi, belanja, dll. gak hanya disitu, aku juga biasa baca - baca di wikipedia indonesia, maklum milihnya wikipedia indonesia karna aku pusing kalo harus baca tulisan berbahasa inggris... . kalo untuk urusan berita mungkin lebih cocok untuk baca di "yahoo" ya. karna yahoo slalu update tentang semua berita, termasuk berita indonesia di yahoo indonesia.

Untuk masalah blogging aku biasa nyari di om google juga, and yang ga kalah penting buat 3 blog master ini yang setiap saat aku buka. paling sering bersosialisasi di shoutmix chat nya Kang Rohman. disitu aku bisa jumpai banyak blogger - blogger indonesia yang sedang pada nongkrong.... hehehe... Bisa di katakan kalo blog nya kang rohman ini blog tutorial no 1 di indonesia. tapi kalo di dunia sih ane kurang tau, ntar deh ane coba cek lagi... hehe.. dan juga menurut aku nih ya... blog yang satu ini adalah blog paling the best untuk masalah tutorial dasar blogging. jadi buat newbie - newbie yang ingin belajar dasar - dasar blogger, ikut nongkrong aja disini. aku yakin pasti kalian bakalan puas deh.

Lalu untuk yang kedua, aku juga ga pernah ketinggalan absen untuk belajar di blog nya kang "Oom". kalo menurut aku blog kang oom memiliki tutorial untuk tinggkat dasar dan reguler... cieee... sebenernya sih intinya sama. cuman ya mungkin kamu juga bisa sedikit melihat perbedaanya. cuman sayangnya di blog kang oom ga ada chatbox. jadi ga bisa ngobrol or saling sapa sama para pengunjung lainya. kalo dulu sih pernah ada. cuman entah kenapa sekarang jadi ga ada.

Terus untuk urusan tutorial dan wawasan, aku suka berkunjung ke blognya "Mas Doyok". blogger muda yang bisa di setarakan dengan blogger master... selain tutorial di situ aku bisa tau sedikit tentang wawasan seputar dunia blogging dan hal lain ada di dunia internet. mas doyok juga punya satu mesin pencari seperti google yang menggilongkan hasil pencrianya untuk masalah blogger. jadi kalo kamu pengen nyari tutorial blogger yang beragam kamu bisa bisa nyari nih di mesin pencarinya mas doyok.

Ga kalah sama ketiga blog di atas, menurut ku ini juga termasuk blog terpavorit versi si andra. "code - codean"... aku terpesona melihat design blog ini. di tambah dengan tutorial - tutorialnya yang yahud. template - template blogger hasil buatanyapun ga kalah mantap dengan nilai plusnya. cuman sayangnya si penulis sudah off dari ngisi blog yang satu ini. alhasil blog ini sekarang hanya menjadi sebuah blog dokumentasi. tapi mantep deh.

oh iya, kalo kamu mau nyari tempate - template keren untuk blogger, kamu cari aja di "BTemplates". semua tempate - template nya keren - keren deh pokonya.

Dari kesumuanya itu aku dapetin dari bersosialisasi dengan para blogger lain. dari mulai bertanya lokasi tempat nyari ilmu blogger sama orang, ampe jadi kuncen sekarang di blog tadi... hahaha... namanya udah keasikan. Namun sebenarnya masih banyak sih blog tutorial lain yang ga aku sebutin, tapi semoga bisa jadi referensi aja key.

Diluar masalah blogging. aku juga sering ngaskus. itu bahasa anak jaman sekarang gan... hahaha... tentunya di di forum "Kaskus". disini malah lebih beragam. bisa dikatakan hampir 60 % hal ada disini. komplit deh pokonya. dari hiburan ampe tread buat para jomblo yag gak laku pun ada disni.. hehhee .. sory becanda.

Apa kamu bisa menyimpulakan dari apa yang aku share itu...??? soalnya aku bingung mau nyimpulinya kayak gimana... . yang pasti dari semua hal yang aku jelasin di atas, aku cuman ngasih tau sedikit kalo kita bisa nyari ilmu di mana saja, asalkan jangan malu untuk bertanya. itulah gunanya bersosialisasi dengan orang lain, jadi kita bisa saling sharing tentang apa yang sebelumnya kita gak tau jadi tau. dengan kamu mambaca tulisan inipun berarti kamu udah bersosialisasi dengan si andra kan... hehehhe...

Bila kamu punya masukan atau referensi lain. kamu bisa sharing sama andra dengan memberikan komentar di bawah. kamu juga bisa bertanya tentang apa aja yang kamu belum tau. Insya Allah andra bakal ngasih tau jalan keluarnya sebisa mungkin dan sesuai kemampuan andra.

Semoga saja dapat bermanfaat.
About the Author : . Jangan tanya kenapa anak labil ini bisa menulis. Andra sangat menyukai Semua hal di bidang Informatika. Sesekali menulis Tentang Keseharian dan wawasan yang banyak di jumapainya.

3 comments: