Space Tersedia (Cantact Me)

Tahu Gejrot - Kuliner Nusantara

Banyaknya ragam kuliner dan jajanan lainya, malah bikin aku bosan. hampir bingung di tiap hari. mau makan apa ya hari ini, pengen jajan apa ya yang enak. ya maklum saja, sekarang ini semua kuliner dan jajanan hampir semua ada tersaji di kota tempat aku tinggal. Bandung.. yep, dikota yang di juluki Paris van Java ini hampir semua ragam kuliner dan jajanan nusantara dan bahkan manca negara tersaji di kota yang saya cintai ini. Namun karna terlalu banyaknya makanan yang tersaji dan mungkin aku udah pernah nyoba hampir semua dari sekian banyak makanan tersebut ternyata malah membuat aku merasa bosan. Tapi lain ceritanya kalo tiba - tiba tukang jajanan lewat. hahaha... gak bisa nyelonong gitu aja. pasti langsung di stop tuh. "mang, antosan sakedap" (dalam bahasa sunda yang artinya ( mang, tunggu sebentar ) dengan nada mirip anak kecil sambil berlari - lari, hahahaha geli juga ya !

Sabtu sore tepatnya, Seorang teman datang dan lalu dia berlari lagi keluar sambil berteriak "mang.. sing lada...." (dalama bahasa sunda yang artinya : mang, yang pedes...). wah kebetulan nih, sepertinya ada yang enak - enak lewat nih. lalu aku liat jajanan yang aku kenal dari waktu aku masih kecil banget, mungkin sekecil biji toge... wkwkwkkk... apa lagi ah suka ga nyambung ya... haha. langsung aku keluar dan memesan satu porsi super pedas...

Hari gini siapa sih yang gak tau jajanan yang satu ini. apalagi buat para maniac kuliner dan jajanan, mungkin jajanan yang satu ini udah gak asing lagi. "Tahu gejrot", yep itulah nama jajanan yang satu ini. jajanan yang berasal dari Cirebon ini bisa tergolong Unik dalam penyajianya dan rasanya yang tergolong super enak pula kalo menurutku. Tahu - tahu yang di iris kecil - kecil, di siram dengan kuah yang khas, lalu disajikan dengan menggunakan piring yang terbuat dari tanah ( seperti halnya Coet dalam bahasa sunda dan entahlah nama lainya apa untuk piring satu ini... hahahha) tapi kalo ga salah sih namanya piring tembikar gitu... hahaha...

Rasanya yang unik, bisa membuat ketagihan deh. Bayangin nih ya, Kuahnya itu loh... masnis, sedikit asam, apalagi kalo pake cabe rawit... manis esem pedes seger... lalu tahu yang di iris kecil - kecilnya... ow..ow..ow... Maknyosssss...
Namun lain halnya dengan tahu sumedang atau tahu cibuntu yang terkenal itu. tahu yang satu ini sedikit berbeda walau masih sodaraan sama dua tahu yang tadi... hahaha... bentuknya hampir menyerupai tahu sumedang, namun warna dan tekstur kulitnya sedikit berbeda. tahu yang di pakai untuk tahu gejrot ini warnanya lebih ke putih agak kekuning - kuningan.

Tahu Gejrot disajikan di atas piring tembikar/ Foto : Panji Firman

Ini tahu kalo udah nyampe mulut, wah rasanya asyik banget deh. padahal jenis bumbu yang di pakai untuk kuahnya/sambalnya ini bisa tergolong simpel and ga banyak bahan. Mungkin buat kamu yang penasaran, bisa langsung Browsing buat nge cek resepnya.

Kalo di liat selintaspun, kamu pasti ngiler ngeliatnya deh. Apalagi buat para maniac jajanan, kalo belom pernah ngerasain makan yang satu ini kayaknya kamu bisa dibilang masih cupu deh... hahahaha. dan satu lagi keistimewaan dari jajanan ini adalah harganya yang sangat murah. hanya dengan uang 5 ribu rupiah yang bergambar om Imam bonjol saja kamu udah bisa menikmatinya. sangat murah dan menggiurkan kan. Patut di coba tuh...

Hanya sekedar sharing saja. Semoga ini menjadi rekomondasi bagi yang sedang mencari jajanan khas dalam negri. Jajanan ini sekarang udah ada hampir di berbagai daerah, coba aja cek ke resto atau cafe tradisional atau apalah, pasti ketemu tuh si emang tahu gejrot. atau bisa langsung cek ke daerah asalnya di cirebon. atau kalo kamu ga ketemu juga, mapir aja ke tempat aku di bandung, ntar aku kenalin sama si emang tahu gejrotnya,,, kan siapa tau aja jodoh... hahahhaa... mulai ngawur lagi deh...
Ngiler and pengen nyoba, Sok atuh mangga di cobian. tong hilap komentarna nya. hehe...
About the Author : . Jangan tanya kenapa anak labil ini bisa menulis. Andra sangat menyukai Semua hal di bidang Informatika. Sesekali menulis Tentang Keseharian dan wawasan yang banyak di jumapainya.

11 comments:

  1. jadi terasa makan tahu gejrot,pedes manis asem seger jadi satu,jadi lapar juga jadinya...tapi kalau mau resepnya bisa langsung download di halamanku.

    ReplyDelete
  2. @Jufan : makasih banyak ya untuk komentarnya.

    ReplyDelete
  3. haha ngiler saya ngelihat makananya

    gan mampir ke blog saya follow seklalian ya, punya agan sudah saya follow nih linknya
    http://indonesia-game.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. @hafid Septian :
    thanks ya untuk komentarnya.
    sip saya udah follow back.

    ReplyDelete
  5. Fotonya bagus bikin ngiler...Mantap
    Hmm, jadi pengen coba colek2 kuliner ah..haha..

    ReplyDelete
  6. @download one piece indonesia : jangan lupain jajanan asli nusantara.

    @puri : makasih banyak ka, promosiin kuliner" khas puri donk... hahahha

    ReplyDelete
  7. bro,, followback saya ya...
    rifqi15dn.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. @rifqi : makasih untuk komentar nya. saya langsung meluncur ke TKP.

    ReplyDelete
  9. .ehm jadi pengen nyoba ni,,di malang ada gag ya????
    .eits follow me juga ya di flowerlove-mitta@blogspot.com

    ReplyDelete
  10. @mitha : oke mitha, makasih ya untuk komentarnya.

    ReplyDelete